Domain Blogspot Berdasarkan Negara


Awalnya bingung pas jalan-jalan di google nemu blog yang berhosting di blogspot tapi domainya blogspot.in ? Usut punya usut ternyata domain tersebut memang sudah di persiapkan oleh platform blogger/blogspot untuk otomatis men-redirect url ke domain yang lebih spesifik berdasarkan negara. Contoh jika kita membuka domain blabla.blogspot.com dari indonesia maka otomatis yang muncul di addressbar adalah blabla.blogspot.co.id , Begitulah kurang lebihnya.

Menurut yang saya baca, Ini adalah merupakan siasat blogger dalam menghadapi SOPA - PIPA yang tengah gencar di bicarakan. Tentang undang-undang yang mengatur hak cipta jika sebuah negara membatasi / memfilter sebuah content tertentu. Maka blogger melakukan ini sebagai solusi dengan menerapkan redirect URL ke domain menurut negara.

Pada saat posting ini terbit saya sudah mencoba 2 domain yang berhasil membuka blog ini diluar domain utamanya yaitu blogspot.com. Silahkan di cek ke http://p-cbn.blogspot.in ( Domain India ) dan http://p-cbn.blogspot.com.au ( Domain Australia ). Lalu bagaimana dengan SEO jika hal ini sudah di terpakan secara paten ? kemungkinan besar tentunya hal ini sudah di pikirkan matang-matang sebelumnya oleh blogger/blogspot. Jadi saya rasa tidak akan ada perubahan yang terlalu banyak dalam hal SEO jika memang redirect sudah diberlakukan.

Tapi ada kejanggalan yang saya temukan saat mencoba domain satu persatu :


  • Saat saya membuka blogspot.com, sudah pasti akan otomatis redirect ke blogger.com
  • Saat saya membuka blogspot.in kenapa redirect ke google.co.id ya ?
  • Saat saya membuka blogspot.com.au  kenapa redirect ke google.co.id ya ?
Tapi coba ketikkan di kolom pencarian google dengan keyword "blogspot.in" atau "blogspot.com.au" . Maka akan muncul di halaman awal paling atas dengan tittle "inne's blog" dengan domain blogspot.in ? Siapa pemiliknya ? dan anehnya blog tanpa posting tersebut memiliki ribuan Followers ..Woww ....

Referensi :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © / Info Indo

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger