Cara membuat readmore pada blogger

Awalnya saya tidak berniat memposting artikel tentang ini, karena menurut saya sudah banyak kok para blogger yang mengupas tuntas tentang membuat readmore pada blogger. tetapi berhubung postingan saya selanjutnya ada yang berhubungan dengan artikel ini, maka saya pun mempostin artikel ini dengan mengadopsi caranya dari blog inspirator terbesar saya dalam dunia blogging (hehe,,, maaf bila berlebihan) yaitu OOM, orang yang sering saya repotkan ketika beraktifitas sebagai blogger pemula (jangan bosen yah om). Eh kok keterusan curhat nya hehe,,, :P lanjut ah,, serius.

Untuk membuat readmore, selengkapnya atau yang lebih paaaas,,, menurut saya membuat break point pada postingan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Untuk membuat readmore ikuti langkah dibawah ini :

Langkah Pertama:
Buka Template - Edit HTML - Berikan tanda centang pada "Expand widget template"

Langkah Kedua:
Jangan Lupa backup template kamu dengan mengklik "dowlnoad template lengkap"
Langkah Ketiga:
Cari kode dibawah ini:
<div class='post-header-line-1'/>

Tips: Untuk memudahkan anda mencari, pada browser tekan Ctrl + F atau klik Edit - Find, lalu ketikkan <div class='post-header-line-1'/> biasanya pada bait kode keduanya berbeda -beda ada yang <div class='post-body entry-content'> dan ada yang <div class='post-body'> .

Bila sudah ketemu kira-kira keseluruhan kodenya seperti berikut :


<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body entry-content'>
<data:post.body/><div style='clear: both;'/>
<!-- clear for photos floats --> </div>


Untuk mudahnya ganti seluruh kode diatas dengan kode di bawah ini.

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body'>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>

<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Readmore»»</a>
</b:if>

<div style='clear: both;'/>
</div>


Tulisan Readmore»» bisa kalian ganti dengan kata-kata kalian, bisa selengkapnya, next atau apa aja. Kalo sudah jangan lupa di simpan.


Langkah Empat
Setelah kode diatas disimpan kita kembali dan masuk ke tab Pengaturan -> Format -> cari "Post Template" Kemudian pada kotak masukan kode dibawah ini.
<div class="fullpost">
</div>

Lalu simpan.

Langkah Kelima :
Disini saya akan menjelaskan cara penggunaan readmore pada halaman posting. Ketika kita melakukan posting pertama kali, klik posting menggunakan edit html jangan compose. Kita akan melihat kode:

<div class="fullpost">
</div>

ingat jangan hapus kode diatas karena kode tersebut merupakan kode yang akan kita gunakan dalam pemenggalan posting nantinya.
jadi cara memposting enter beberapa kali agar kode diatas berada di bawah, baru bikin postingan kamu, kemudian boleh masuk ke menu compose agar lebih mudah dalam memposting, dan selalu pastikan kode merahdi atas masih berada di bawah,jangan sampai terselip hehe,,,.

setelah postingan kamu selesai terbuat baru kita masuk kan kode diatas diantara postingan, caranya:

Tentukan dimana postingan akan dipotong, kemudian letakkan kode <div class="fullpost"> pada tempat yang mau dipotong lalu letakkan kode </div> pada akhir postingan, ilustrasinya sebagai berikut:

Awalnya saya tidak berniat memposting artikel tentang ini, karena menurut saya sudah banyak kok para blogger yang mengupas tuntas tentang membuat readmore pada blogger. tetapi berhubung postingan saya selanjutnya ada yang berhubungan dengan artikel ini, maka saya pun mempostin artikel ini dengan mengadopsi caranya dari blog inspirator terbesar saya dalam dunia blogging (hehe,,, maaf bila berlebihan) yaitu OOM, orang yang sering saya repotkan ketika beraktifitas sebagai blogger pemula (jangan bosen yah om). Eh kok keterusan curhat nya hehe,,, :P lanjut ah,, serius.<div class="fullpost">

Untuk membuat readmore, selengkapnya atau yang lebih paaaas,,, menurut saya membuat break point pada postingan ikuti langkah-langkah berikut ini.</div>

Bila masih ada yang kurang jelas dapat ditanyakan pada kolom komentar atau coba baca artikel milik oom di sini.

Sumber: blog.shedtya.web.id

0 comments:

Post a Comment

Copyright © / Info Indo

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger